Kereta Cepat Ramai di Nataru dan Rencana Perubahan Skema Harga

Selasa, 02 Januari 2024 16:33

Reporter : Ekadyana N. Fauzi

top-news

Ilustrasi Kereta Cepat/TimDigo.id

 

Jakarta, DigoID-Kartika Wirjoatmodjo sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyiapkan sejumlah strategi untuk mendorong peningkatan jumlah pengguna Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) atau Whoosh. Hal ini menjadi evaluasi mengingat jumlah penumpang Whoosh masih di bawah target yang telah ditetapkan sebelumnya.

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) sendiri menargetkan jumlah penumpang Whoosh bisa tembus 30 ribu penumpang per hari. Namun saat ini, secara rata-rata angkanya masih di bawah 20 ribu per hari. Oleh karena itu, pihaknya menyiapkan skema dynamic pricing sebagai salah satu strateginya.

"Jadi kan kita waktu Rp 200 ribu harganya (tiket), itu sempat 21 ribu (penumpang). Kemarin waktu libur juga 21 ribu. Waktu harganya Rp 200 ribu, (kelas) ekonomi turun sedikit ke 15 ribu (penumpang). Nah ini kita lagi diskusi mengenai dynamic pricing. Supaya nanti pada jam-jam yang kurang rame kita turunkan harga, balancing. Mungkin weekend akan lebih mahal," jelasnya di Jakarta, dikutip detik, Sabtu, 30 Desember 2023.

Tiko menjelaskan, saat ini skema dynamic pricing ini tengah disimulasikan. Konsepnya sama seperti tiket pesawat di mana harganya bisa berbeda-beda tergantung dari jumlah demand. Selain itu, juga bisa diterapkan multi tarif dan tarif diferensiasi.

"Kalau kemarin kan masih flat tarif. Misalnya diminta, Pak Edo Dirut KCIC bikin skema multi pricing dan diferensiasi pricing, termasuk berlangganan. Nah ini kita harapkan kalau semua bisa kita jalankan dengan lebih akurat (bisa menambah jumlah pengguna)," jelasnya.

Selain itu, ke depan juga akan ditingkatkan jumlah perjalanan kereta cepat. Dari yang saat ini baru menyediakan 40 perjalanan, rencananya di 2024 mendatang akan bertambah menjadi 68 perjalanan. Dengan demikian ia optimistis jumlah penumpang bisa tembus 20 ribu per hari.

"Kita kan lagi lihat dinamika behaviornya, yang berani bayar mahal hari apa, jam berapa. Yang kalau lagi murah supaya mereka naik, turun ke berapa. Ini lagi kita bikin skema dynamic pricingnya ini. Harapannya nanti bisa ke 20 ribu (penumpang)," lanjutnya.

Di sisi lain, Tiko sendiri menilai target 20 ribu penumpang per hari terbilang cukup. Oleh karena itu, ia merevisi targetnya dari 30 ribu per hari menjadi hanya 20 ribu per hari.

"Kalau saya cukup 20 ribu. Saya turunkan (target) jadi 20 ribu. Jadi misalnya 2024 ke 20 ribu. Tapi nanti dengan cara dynamic pricing dan nambah perjalanan. Lagi kita simulasikan," kata Tiko.

Sementara itu, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Didiek Hartantyo mengatakan, suatu transportasi membutuhkan waktu demi mencapai jumlah pengguna atau ridership yang sudah ditargetkan.

Menurutnya saat ini KCIC telah menunjukkan pencapaian yang baik. Bahkan, pujian juga diterimanya langsung dari sejumlah pimpinan China Development Bank (CDB) yang melihat animo luar biasa saat peluncuran Whoosh.

"Kemarin ada orang-orang China ke sini, pimpinannya CDB sini menyampaikan, animo di sini lebih tinggi daripada saat mereka luncurkan kereta cepat di China. Di awal tuh gitu. Itu kita mempelajari ini dengan AI, dynamic pricing system nanti akan kita adjust. Seperti kata Pak Tiko tadi, bagaimana kita bisa mencapai ini lebih cepat," kata Didiek, dalam kesempatan yang sama.

Sementara itu dalam rangka perayaan natal dan tahun baru, antusias masyarakat menggunakan Kereta Cepat Whoosh cukup tinggi selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) sebanyak 156 ribu penumpang sejak 22 Desember 2023,  

"Sementara sekitar 16.500 tiket juga telah dipesan untuk jadwal keberangkatan hari ini," kata General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa saat dikutip dari Media Indonesia, Sabtu, 30 Desember 2023.

General Manager Corporate Secretary KCIC menyampaikan jumlah tersebut masih akan mengalami peningkatan. Sebab, penjualan tiket untuk keberangkatan hingga malam nanti masih berlangsung.

Eva menjelaskan rute yang menjadi favorit adalah Halim-Padalarang dan Halim-Tegalluar. Waktu keberangkatan favorit penumpang adalah pukul 07.00-10.00 WIB dan 15.00 WIB hingga malam hari.

KCIC telah mengoperasikan 384 perjalanan Whoosh untuk melayani seluruh penumpang. Jumlah tersebut terdiri dari 194 perjalanan dari Halim dan 194 perjalanan menuju Halim.

"KCIC terus mengantisipasi tingginya minat penumpang yang berlibur menggunakan Whoosh dengan melakukan penambahan perjalanan sebesar 20 persen dari 40 perjalanan per hari menjadi 48 perjalanan per hari," ujar Eva.

Penambahan jumlah perjalanan tersebut dilakukan hingga 2 Januari 2024. Hal tersebut dikarenakan, peningkatan jumlah penumpang Whoosh diprediksi terus terjadi selama berlangsungnya libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Untuk menghadirkan layanan Whoosh yang lancar, terintegrasi, dan nyaman, KCIC terus berkoordinasi dengan seluruh stakeholder. Seperti PLN sebagai penyuplai listrik, KAI sebagai operator KA Feeder, dan para penyedia jasa telekomunikasi.

Agar seluruh kereta Whoosh pada masa libur akhir beroperasi dengan aman, KCIC terus melakukan pemantauan melalui berbagai sensor dan CCTV. Kondisi jalur kereta cepat, pagar pembatas, dan  kawat berduri di sepanjang jalur terus dipantau agar tetap dalam kondisi baik.

Sejumlah petugas pengamanan secara berkala juga melakukan patroli lapangan. Patroli dilakukan bersama TNI Polri,serta melakukan sosialisasi keselamatan secara rutin ke masyarakat.

 

 

Redaktur : seno

TOP NEWS

Berita Terkait


uang-palsu-semakin-menggila-hingga-tersedia-di-marketplace-bi-berharap-masyarakat-tetap-tenang

Uang Palsu Semakin Menggila Hingga Tersedia di Marketplace, BI Berharap Masyarakat Tetap Tenang

Peredaran uang palsu masih jadi mimpi buruk yang menghantui masyarakat kita, bahkan sudah terang-ter...

rumah-dengan-njop-dibawah-rp2-miliar-tak-lagi-bebas-pajak-di-jakarta-efek-pindah-ibukota

Rumah Dengan NJOP Dibawah Rp2 Miliar Tak Lagi Bebas Pajak di Jakarta, Efek Pindah Ibukota?

Mulai sekarang, rumah dengan harga dibawah Rp2 miliar juga kena pajak, Heru Budi bilang masyarakat b...

tokopedia-bakal-phk-450-karyawannya-mulai-hari-ini-korbannya-dapet-apa-aja

Tokopedia Bakal PHK 450 Karyawannya Mulai Hari Ini, Korbannya Dapet Apa Aja?

Perusahaan induk TikTok, yaitu ByteDance, kabarnya bakal melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) te...

anggaran-bkpm-diturunin-bahlil-kebakaran-jenggot-hingga-ancam-turunkan-investasi-2025

Anggaran BKPM Diturunin, Bahlil Kebakaran Jenggot Hingga Ancam Turunkan Investasi 2025

Menteri Investasi sekaligus Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, ngegas nih gara-gara target investasi 202...

ikn-belum-juga-dilirik-investor-asing-lagi-lagi-jadi-beban-apbn

IKN Belum Juga Dilirik Investor Asing, Lagi-lagi Jadi Beban APBN?

Bahlil Lahadalia ngejelasin jika hingga saat ini belum ada investasi asing ke IKN, menunggu setelah...

terlilit-pinjol-hingga-fraud-akankah-kiprah-indofarma-akan-berakhir

Terlilit Pinjol Hingga Fraud, Akankah Kiprah Indofarma Akan Berakhir?

Erick Thohir angkat bicara soal masalah yang sedang mendera PT Indofarma, perusahaan farmasi yang su...

rekor-20204-cadangan-devisa-ri-naik-jadi-us-139-miliar-karena-penerimaan-pajak

Rekor 20204: Cadangan Devisa RI Naik Jadi US$ 139 Miliar, Karena Penerimaan Pajak

Bank Indonesia beberkan kenaikan cadangan devisa RI yang menyentuh angka US$ 139 Miliar setelah sebe...

keponakan-jokowi-lulusan-s1-itb-yang-kini-jadi-manager-pertamina

Keponakan Jokowi: Lulusan S1 ITB Yang Kini Jadi Manager Pertamina

Sebelum menjadi Manager Pertamina, ternyata keponakan Jokowi pernah menjabat sebagai Vice President...

defisit-apbn-era-transisi-ke-prabowo-tertinggi-dalam-sejarah-kata-sri-mulyani-sudah-dipertimbangkan

Defisit APBN Era Transisi ke Prabowo Tertinggi Dalam Sejarah, Kata Sri Mulyani Sudah Dipertimbangkan!

DPR pertanyakan defisit APBN era transisi ke Prabowo tertinggi dalam sejarah dan jawaban Sri Mulyani