Diskominfo Purwakarta Raih Prestasi dari SP4N-LAPOR
Jumat, 20 Januari 2023 07:36
Reporter : Anggun Putri
Dok. Humas Pemkab Purwakarta
PURWAKARTA -- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Purwakarta berhasil meraih prestasi. Keberhasilan tersebut didapatkan setelah memaksimalkan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR) selama tahun 2022.
Kepala Diskominfo Kabupaten Purwakarta, Rudi Hartono menyampaikan bahwa semua laporan yang masuk melalui SP4N-LAPOR telah ditindaklanjuti dengan baik.
"Terdapat sekitar 83 laporan yang masuk selama tahun 2022 dan telah kita tindaklanjuti hingga selesai, oleh karena itu untuk tahun lalu kinerja kita telah mencapai 100%," kata Rudi dalam rilis yang diterima digo id, Kamis 19 Januari 2023.
Menurut Rudi, SP4N-LAPOR adalah program yang sangat membantu pendekatan antara pemerintah sekitar dan masyarakat. Program yang diluncurkan dan ditetapkan sebagai sistem pengelolaan publik pada Perpres Nomor 76 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2015, hanya perlu dioperasikan secara baik agar hasil yang didapatkan maksimal.
Selain itu, Rudi dengan bangga mengatakan Kabupaten Purwakarta berhasil menjadi peringkat pertama dalam pengelolaan pelayanan dalam kategori respon tercepat. Hasil tersebut diperoleh berdasarkan penilaian Ombudsman tahun 2021.
Rudi juga menjelaskan bahwa dasar diadakannya kegiatan Penyusunan Rencana Aksi SP4N LAPOR ini mengacu kepada amanat pasal 5 Permen PAN RB nomor 46 tahun 2020 tentang road map sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional tahun 2020-2024.
"Dimana dalam aturan tersebut diisyaratkan bahwa setiap pembina wajib melaksanakan roadmap dengan menyusun serta menetapkan rencana aksi pengelolaan pengaduan pelayanan publik di instansinya masing-masing," kata Rudi.