Disbudpar Bandung Dorong Milenial Punya Produk Luar Biasa
Sabtu, 26 November 2022 10:34
Reporter : Siti Ninu Nugraha
Talkshow dari Disbudpar Kota Bandung dalam acara Soul of Market, Jumat (25/11/2022) di Cihampelas Walk. (Dok Siti Ninu)
BANDUNG -- Kepala Dinas Pariwisata Kota Bandung, Arief Syaifudin, menjadi salah satu pengisi talkshow di acara Soul of Market, Jumat, 25 November 2022. Acara Soul of Market ini diselenggarakan pada 24 sampai 27 November 2022 di Ground Floor, Cihampelas Walk.
“Dinas Pariwisata di Kota Bandung ini tentunya mempunyai urusan yaitu bagaimana untuk mengembangkan, mempromosikan, menjual yang berkaitan dengan kebudayaan lalu pariwisata,” ujar Arief.
Arief juga mengatakan Kota Bandung ini banyak sekali usaha dan industri ekonomi kreatif. Bahkan ada yang sudah mendunia. Dia menuturkan bahwa Disbudpar Bandung mendorong seni budaya bekerjasama dengan Dekranasda mencari produk-produk yang mempunyai nilai jual luar biasa.
“Tentunya saya sekarang, kami dari Disbudpar sedang juga bagaimana mendorong potensi seni dan budaya,” lanjutnya
Menurutnya, seni budaya diklasifikasan ke dalam tiga, yang pertama pelestarian, yang kedua ceremonial, yang ketiga konvensial. Pelestarian ini dilakukan agar tradisi yang ada dilanjutkan oleh milenial.
“Kita mengestafetkan semangat kita kepada anak-anak milenial. Yang kedua berkaitan dengan ceremonial selalu ada yang namanya atraksi, tradisi, dan yang ketiga komersial ini mana yang pangsa pasar lokal, pangsa nasiolan, dan mancanegara,” lanjutnya.
Arief mengatakan Bandung ini memiliki sarana dan prasarana yang luar biasa. Banyak tempat-tempat yang bisa dijadikan atraksi seni.
Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa Disbudpar Kota Bandung akan lebih aktif mementaskan tradisi-tradisi yang ada. Selain itu, Disbudpar juga sedang melakukan kerja sama dengan pihak Kimia Farma.