Pelanggaran Terhadap Anak Terus Meningkat, Apa Sebabnya ?

Selasa, 10 Oktober 2023 06:00

Reporter : Tim Digo.id

top-news

Ilustrasi/istimewa

Jakarta, DigoID--Angka kasus pelanggaran terhadap perlindungan anak yang tercatat ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengalami kenaikan setiap bulannya. Sejak Januari hingga Agustus 2023, angka kasus pelanggaran terhadap anak mencapai 2.355 kasus.


Berdasarkan data yang dihimpun oleh KPAI, diketahui 723 kasus substansi kekerasan berhubungan erat dengan satuan pendidikan. Sisanya adalah data pelanggaran terhadap perlindungan anak misalnya menyangkut pengasuhan, terkait hak sipil, terkait kesehatan, dan perlindungan lainnya misalnya korban TPPO, anak korban HIV, eksploitasi dan sebagainya.



Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Aries Adi Leksono menerangkan, anak sebagai korban bullying atau perundungan sebanyak 87 kasus, anak korban pemenuhan fasilitas pendidikan sebanyak 27 kasus,sedangkan anak korban kebijakan pendidikan 24 kasus, kemudian anak korban kekerasan fisik dan/atau psikis 236 kasus, dan anak korban kekerasan seksual sebanyak 487 kasus, Senin 9 Oktober 2023.


“Data ini cenderung naik setiap bulannya, sehingga perlu mendapatkan perhatian bersama untuk menekan penurunan angka kekerasan anak, khususnya di lingkungan satuan pendidikan, lingkungan pendidikan harus aman dan nyaman untuk anak, sehingga tumbuh kembang anak dapat maksimal,” jelasnya. 


Dampak Pandemi dan Pembelajaran Jarak Jauh


Sementara itu KPAI berpandangan beberapa penyebab tingginya angka kekerasan pada lingkungan satuan pendidikan antara lain karena terjadi learning loss dampak pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada masa pandemi COVID-19. Lanjutnya hal ini berdasarkan hasil pengawasan KPAI ke lapangan.


“Kami juga baru saja terkait sekolah ramah anak, hadir di beberapa kegiatan sosialisasi edukasi pencegahan terkait kekerasan di sektor pendidikan rata-rata keluhan guru, kepala sekolah dan sebagian orang tua dan komite merasa kewalahan mengendalikan sikap karakter anak pasca pandemi. Mereka memberitahu anak-anak tidak responsif menerima,” 


Selain itu, Aries menambahkan ketika awal masuk usai PJJ, ada beberapa anak yang slow respons dalam konteks merespons pengetahuan yang dia dapat sampai penguatan pendidikan karakter, ketika tidak ada proses pembiasaan, tidak ada proses pembudayaan apalagi sampai peneladanan itu transformasi sikap penguatan karakter anak hingga berujung pembentukan akhlak karakter susah. 


Sebab kontrol yang terbentur pembelajaran jarak jauh (PJJ), tetapi hal ini akan berbeda jika anak tersebut bertemu secara langsung. Maka anak ini bisa dikontrol, dilatih,dibudayakan hingga karakter positifnya kuat. 


“Dalam konteks transformasi penguatan karakter penting liat guru secara langsung, bisa mencontoh guru dan teman secara langsung dan seterusnya sehingga pembudayaan karakter positif berbasis satuan pendidikan bisa dengan sendirinya terbentuk,” jelasnya. 


Pengaruh Game Online dan Media Sosial


Selain karena loss Learning, penyebab lainnya adalah pengaruh game online dan media sosial yang masih banyak menyajikan tayangan yang penuh kekerasan dan tidak ramah anak, sehingga karakter, akhlak, serta budi pekerti anak menjadi lemah.  Selain itu, adanya penyimpangan relasi kuasa antara pendidik dengan peserta didik, sehingga seringkali bentuk kebijakan atau hukuman yang diberikan dapat mengakibatkan kekerasan pada peserta didik. 


Adanya penyalahgunaan relasi kuasa antara peserta didik sesama peserta didik, merasa menjadi kakak kelas, merasa lebih kuat, sehingga mendorong melakukan kekerasan kepada yang adik kelas atau yang lebih lemah.


Perubahan Kurikulum dan Rendahnya Kedisiplinan


Selain itu, masih terselenggara struktur kurikulum dan metode pembelajaran yang menitikberatkan pada capaian target kognitif saja, sehingga pendidikan penguatan karakter kurang mendapatkan perhatian, serta pengawasan yang lemah dari satuan pendidikan serta kontrol kebijakan dan regulasi pada sisi implementasi dari dinas pendidikan.  


Penyebab lainnya adalah anak dengan kontrol diri yang rendah, kehidupan keluarga yang tidak harmonis, kebijakan sekolah dalam menciptakan rasa aman dan ramah terhadap seluruh siswa dan pengawasan disiplin positif satuan pendidikan yang masih rendah, tak kalah penting penyajian informasi di media massa yang terkadang tidak ramah anak, sehingga anak terdorong untuk mencontoh dan melakukan hal serupa pada satuan pendidikan, akibatnya menurunkan rasa peduli, empati, dan kasih sayang terhadap sesama.





Redaktur : seno

Berita Terkait


uang-palsu-semakin-menggila-hingga-tersedia-di-marketplace-bi-berharap-masyarakat-tetap-tenang

Uang Palsu Semakin Menggila Hingga Tersedia di Marketplace, BI Berharap Masyarakat Tetap Tenang

Peredaran uang palsu masih jadi mimpi buruk yang menghantui masyarakat kita, bahkan sudah terang-ter...

rumah-dengan-njop-dibawah-rp2-miliar-tak-lagi-bebas-pajak-di-jakarta-efek-pindah-ibukota

Rumah Dengan NJOP Dibawah Rp2 Miliar Tak Lagi Bebas Pajak di Jakarta, Efek Pindah Ibukota?

Mulai sekarang, rumah dengan harga dibawah Rp2 miliar juga kena pajak, Heru Budi bilang masyarakat b...

tokopedia-bakal-phk-450-karyawannya-mulai-hari-ini-korbannya-dapet-apa-aja

Tokopedia Bakal PHK 450 Karyawannya Mulai Hari Ini, Korbannya Dapet Apa Aja?

Perusahaan induk TikTok, yaitu ByteDance, kabarnya bakal melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) te...

anggaran-bkpm-diturunin-bahlil-kebakaran-jenggot-hingga-ancam-turunkan-investasi-2025

Anggaran BKPM Diturunin, Bahlil Kebakaran Jenggot Hingga Ancam Turunkan Investasi 2025

Menteri Investasi sekaligus Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, ngegas nih gara-gara target investasi 202...

ikn-belum-juga-dilirik-investor-asing-lagi-lagi-jadi-beban-apbn

IKN Belum Juga Dilirik Investor Asing, Lagi-lagi Jadi Beban APBN?

Bahlil Lahadalia ngejelasin jika hingga saat ini belum ada investasi asing ke IKN, menunggu setelah...

terlilit-pinjol-hingga-fraud-akankah-kiprah-indofarma-akan-berakhir

Terlilit Pinjol Hingga Fraud, Akankah Kiprah Indofarma Akan Berakhir?

Erick Thohir angkat bicara soal masalah yang sedang mendera PT Indofarma, perusahaan farmasi yang su...

rekor-20204-cadangan-devisa-ri-naik-jadi-us-139-miliar-karena-penerimaan-pajak

Rekor 20204: Cadangan Devisa RI Naik Jadi US$ 139 Miliar, Karena Penerimaan Pajak

Bank Indonesia beberkan kenaikan cadangan devisa RI yang menyentuh angka US$ 139 Miliar setelah sebe...

keponakan-jokowi-lulusan-s1-itb-yang-kini-jadi-manager-pertamina

Keponakan Jokowi: Lulusan S1 ITB Yang Kini Jadi Manager Pertamina

Sebelum menjadi Manager Pertamina, ternyata keponakan Jokowi pernah menjabat sebagai Vice President...

defisit-apbn-era-transisi-ke-prabowo-tertinggi-dalam-sejarah-kata-sri-mulyani-sudah-dipertimbangkan

Defisit APBN Era Transisi ke Prabowo Tertinggi Dalam Sejarah, Kata Sri Mulyani Sudah Dipertimbangkan!

DPR pertanyakan defisit APBN era transisi ke Prabowo tertinggi dalam sejarah dan jawaban Sri Mulyani