Keluhan Anggota KPPS, Cuma Dikasih Roti Sampai Minta Kembalian!

Senin, 29 Januari 2024 21:39

Reporter : Ekadyana N. Fauzi

top-news

Ilustrasi Angota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)/TimDigo.id

 

Jakarta, DigoID-Digo Friends, mau cerita nih tentang momen pelantikan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Sleman. Jadi kemarin, seru banget, tapi malah jadi heboh di medsos, loh!

Jadi, KPPS di Sleman lagi asyik-asyiknya pelantikan, eh malah pada komplain soal camilan yang dikasih. Bukan camilan biasa, tapi katanya mirip-mirip yang biasa ada di acara lelayu. Gokil banget kan?

Berita ini langsung viral di sosmed X karena banyak kurangnya pas acara, banyak juga cuitan yang muncul mungkin kaya bentuk protes kali ya.

Sumber Masalah KPPS

"Sekelas KPU kabupaten menyediakan konsumsi untuk pelantikan KPPS serentak se-kabupaten seperti ini? Sudah tidak ada uang transport dan makan siang. Snack tidak jauh beda dengan snack di lelayu @KPUSleman @Humas_KPUDIY @KPU_ID @IniSleman," cuitnya.

Ternyata, Ketua KPU Sleman, Ahmad Baehaqi, langsung klarifikasi dan minta maaf atas camilan yang dianggap kurang kece. Dia bilang kalo camilan itu disediakan sama vendor yang ternyata ngelakuin pesanan tanpa bilang-bilang ke KPU. Jahat banget!

"KPU Kabupaten meminta maaf atas kejadian konsumsi snack yang kurang 'pantas'," terang Ahmad Baehaqi, Jumat, 26 Januari 2024.

Pihak vendor malah alasan kalo gak pesen banyak, mereka gak bisa melayani semua KPPS yang dilantik, yang jumlahnya ratusan ribu orang. Makanya yang disajikan jadi kurang oke gitu.

Nah, terus soal duit, awalnya dianggarkan 15 ribu per orang, tapi nyatanya cuma 2.500. Ada kesalahan besar banget tuh! Udah kayak salah pesan makanan online, beda banget sama yang diharapkan.

Digo.id juga melakukan wawancara eksklusif nih sama salah satu petugas kpps depok yang tidak mau disebutkan namanya, katanya sih nggak worth it guys jadi anggota kpps dibanding dengan fasilitas yang dikasih.

“Waktu pelantikan dilakukan di tempat terbuka ya, outdoor, terus juga uang transportnya cuma 40 ribu. Pas bimtek juga diberi uang 150 ribu, totalnya 190 ribu rupiah. Bahkan waktu pembagian uang pun kita diminta bawa uang 10 ribu buat jadi kembaliannya.”

Selain itu juga katanya makanan yang disediakan tuh cuma roti sama air mineral, masa sih sekelas petugas kpps dengan dana besar KPU cuma dikasih roti, kan ga berimbang ya. pantes aja banyak yang protes juga di daerah lain, huft.

Setelah diselidiki, Ternyata

Ketua KPU Sleman langsung ambil tindakan tegas, dia putus kontrak sama vendor yang bikin kecewa ini. Ga mau lagi pake jasa mereka, pokoknya bye-bye!

"Setelah melakukan klarifikasi, KPU Sleman telah mengambil langkah tegas dengan memberikan sanksi berupa pemutusan kontrak kepada pihak penyedia atau vendor karena telah mengingkari perjanjian atau wanprestasi, dan tidak akan menggunakan jasa yang bersangkutan lagi di kemudian hari," jelas dia.

Tapi gak cuma sampai situ, KPU RI juga turun tangan, guys! Mereka mau bantu tuntaskan masalah ini. Kayanya sih serius, soalnya Ketua Divisi Data dan Informasi KPU RI, Betty Epsilon Idroos, bilang kalo udah dikonsolidasikan. Wah, semoga segera kelar deh drama camilan KPPS ini!

"Ketua KPU RI sudah mengkonsolidasikan itu kepada Ketua KPU DIY, dan Ketua KPU DIY sedang mengkomunikasikan kepada Ketua KPU Sleman," kata Ketua Divisi Data dan Informasi KPU RI, Betty Epsilon Idroos saat ditemui wartawan di sela-sela kunjungan kerja di Gudang Logistik Pemilu 2024 di Kulon Progo, bersumber CNN Indonesia, Jumat, 29 Januari 2024.




Redaktur : seno

Berita Terkait


breaking-news-israel-serang-iran-rudal-menghantam-salah-satu-pangkalan-militer-dan-proyek-nuklir-iran

Breaking News! Israel Serang Iran, Rudal Menghantam Salah Satu Pangkalan Militer dan Proyek Nuklir Iran

Akibat serangan ini, baru aja ada pengumuman kalo semua penerbangan ke Teheran, Isfahan, dan Shiraz...

banjir-dubai-dan-curah-hujan-terbesar-dalam-sejarah-75-tahun-terakhir

Banjir Dubai dan Curah Hujan Terbesar Dalam Sejarah 75 Tahun Terakhir

Guys! bencana Ini bener-bener nunjukin kesusahan yang dihadepin sama pemerintah setempat buat bersih...

lebih-dari-92-ribu-nik-dki-jakarta-bakal-kena-suspend-cek-punya-kalian-sekarang

Lebih Dari 92 Ribu NIK DKI Jakarta Bakal Kena Suspend, Cek Punya Kalian Sekarang!

Nah Tapi cek ini, ada prioritas nih buat penonaktifannya. Tahap awalnya, NIK yang bakal disuspend it...

mengejak-soal-zakat-25-dan-salat-pendeta-gilbert-dipolisikan

Mengejak Soal Zakat 2,5% dan Salat Pendeta Gilbert Dipolisikan

Nah, Gilber Lumoindong sendiri, dia bilang kalo dia belum tau soal laporan itu. Tapi, dia minta maaf...

waduh-saling-balas-dendam-antara-iran-dan-israel-akankah-perang-dunia-iii-segera-meletus

Waduh! Saling Balas Dendam Antara Iran dan Israel Akankah Perang Dunia III Segera Meletus?

Nah Gak cuma itu aja, juru bicara militer Israel, Laksamana Muda Daniel Hagari, juga kasih pernyataa...

jadi-pionir-asn-25-kementerian-ini-siap-angkat-koper-ke-ikn

Jadi Pionir! ASN 25 Kementerian Ini Siap Angkat Koper ke IKN

Nih, cerita langsung dari Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, yang lagi nemenin Presiden di acara to...

wfh-skip-dulu-halal-bihalal-awal-masuk-kantor-bikin-erat-kekeluargaan

WFH Skip Dulu! Halal Bihalal Awal Masuk Kantor Bikin Erat Kekeluargaan

Eh, tau nggak, ternyata Halal Bihalal ini punya cerita sendiri di Indonesia, lho. Ini tradisi asli d...

pasca-lebaran-pintu-awal-bagi-perantau

Pasca Lebaran, Pintu Awal Bagi Perantau?

Terus, yang nggak kalah seru, masalah finansial. Merantau itu nggak murah, bro. Mulai dari sewa kos,...

persiapan-arus-balik-lebaran-menghadapi-kenyataan-pulang-ke-kota-rantau

Persiapan Arus Balik Lebaran, Menghadapi Kenyataan Pulang ke Kota Rantau

Siapa sih yang nggak kenal sama macetnya arus mudik dan balik? Namun, jangan biarkan itu menghalangi...