ITB Hadirkan Pinjol Sebagai Solusi, Mahasiswa Ngeluh!

Jumat, 26 Januari 2024 11:46

Reporter : Tim Digo.id

top-news

Ilustrasi Mahasiswa Bayar Kuliah Pakai Pinjaman Online/TimDigo.id

 

Jakarta, DigoID-Bentar, guys! Gak habis pikir nih, heboh banget di Media Sosial X, mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) ngeluh keras tentang layanan pinjaman online (pinjol) dari kampusnya sendiri buat bayar Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Bayar UKT Bisa Pinjol?

Jadi cerita ini diangkat dari akun X @ITBfess, dimana ITB ini ngasih layanan pinjol, guys, tapi bukan sembarangan. Mereka kerjasama sama Danacita, pihak ketiga yang ngaku sebagai mitra resmi dari ITB. Kampus aja pake pinjol, eh, tapi tenang, mahasiswa yang minjem bisa pilih mau bayar dalam 6 bulan atau 12 bulan, sih.

Nah, yang bikin kaget, di postingan lainnya diomongin soal bunga yang dikenakan buat mahasiswa yang minjem. Kalo misalnya pinjam Rp 12,5 juta dengan tenor 12 bulan, per bulan mahasiswa harus bayar sekitar Rp 1.291.667. Loh, itu belum termasuk biaya bulanan platform sebesar 1,75% dan biaya persetujuan 3,00% yang juga harus dibayar. "Bajigurr, solusi yang ditawarin itb! gede lagi anjir bunganya,"  tulisnya.

Warganet: Bunganya Gede Bangettt…!

Gak cuma itu, netizen lain, kayak akun @FandomID, langsung nyinyir bilang bunganya terlalu besar. Dia malah kasih saran, kalo mau berhutang, lebih baik coba KUR BRI atau bank lain yang bunganya lebih manusiawi. “Ini bunganya terlalu besar. Pakai ada biaya persetujuan pula. Saran sy kl mau berhutang, yg pertama dicoba adl KUR BRI atau bank lain skr jg banyak yg ada KUR. Bunganya 0.5% per bulan atau 6% per tahun.”

Akun @tamathoughtss nambahin, kalau Dana Cita juga muncul Universitas tempat dia belajar. “Cuma mau ngingetin danacita ini ga cuma 'nongol' di ITB, almamater gue pun juga jadi 'mitra' pinjol ini. Komersialisasi pendidikan pasca PTN-BH & MBKM itu rill”, tulisnya sambil lihatin poster Dana Cita bersanding dengan logo Kampus Merdeka.

Pihak ITB Bersuara Isu Pinjol

Sementara itu usai ramai soal isu pinjol pihak ITB mengeluarkan rilis resmi, dari Isu Pengisian Rencana Studi dengan surat No. 1001/053/KABINET KM ITB/EXT/KES/I/2024 menjelaskan.

“Sehubungan dengan adanya isu bahwa terdapat mahasiswa yang tidak dapat melakukan pengisian rencana studi semester genap tahun ajaran 2023/2024 dengan alasan tunggakan UKT yang belum lunas dan solusi pinjaman online berbunga yang diajukan oleh rektorat, Kabinet Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (KM ITB)”.

Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB, Naomi Haswanto, ngonfirm info tersebut nih. ITB emang bekerjasama sama Danacita buat layanan pinjaman uang buat ngebantu mahasiswa melunasi UKT.

Bersumber dari detik.com, Naomi bilang, "ITB bekerja sama dengan lembaga nonbank yang sudah berizin OJK untuk tata cara pembayaran uang kuliah”. Artinya, semuanya dilakukan sesuai aturan dan undang-undang, bro! Mereka serius nih, kata Naomi, ini langkah ITB buat kasih akses pendidikan yang premium.

Naomi juga nambahin kalo pada Desember 2023, ada 1.800 mahasiswa ITB yang minta keringanan UKT. Dari situ, sekitar 1.492 mahasiswa dikasih kesempatan buat mencicil. Ada juga yang dikasih diskon UKT satu semester, dan 124 mahasiswa dikasih diskon UKT permanen sampe lulus. Tapi, yang gak bisa bayar UKT, no formulir rencana studi buat kamu!

Yakin Jadi Solusi..?

Nah, buat yang lagi bokek atau lagi ada kendala bayar UKT, ITB siap bantu, guys! Ada prosedur pengajuan keringanan dan cicilan setiap semester yang bisa diakses melalui Direktorat Kemahasiswaan ITB. Yang penting, tetap patuh sama aturan negara dan tetap berkomitmen menghadiri solusi buat mahasiswanya.

Solusi terbaru dari ITB adalah layanan pinjol ini, semoga bisa bantu mahasiswa tetap fokus di bangku kuliah. Jadi, intinya, ITB nih beneran peduli sama mahasiswanya, dan semoga semua solusi ini bermanfaat dan ga bikin tambah pusing. Stay strong, teman-teman. (wd)

 

Redaktur : seno

Berita Terkait


breaking-news-israel-serang-iran-rudal-menghantam-salah-satu-pangkalan-militer-dan-proyek-nuklir-iran

Breaking News! Israel Serang Iran, Rudal Menghantam Salah Satu Pangkalan Militer dan Proyek Nuklir Iran

Akibat serangan ini, baru aja ada pengumuman kalo semua penerbangan ke Teheran, Isfahan, dan Shiraz...

banjir-dubai-dan-curah-hujan-terbesar-dalam-sejarah-75-tahun-terakhir

Banjir Dubai dan Curah Hujan Terbesar Dalam Sejarah 75 Tahun Terakhir

Guys! bencana Ini bener-bener nunjukin kesusahan yang dihadepin sama pemerintah setempat buat bersih...

lebih-dari-92-ribu-nik-dki-jakarta-bakal-kena-suspend-cek-punya-kalian-sekarang

Lebih Dari 92 Ribu NIK DKI Jakarta Bakal Kena Suspend, Cek Punya Kalian Sekarang!

Nah Tapi cek ini, ada prioritas nih buat penonaktifannya. Tahap awalnya, NIK yang bakal disuspend it...

mengejak-soal-zakat-25-dan-salat-pendeta-gilbert-dipolisikan

Mengejak Soal Zakat 2,5% dan Salat Pendeta Gilbert Dipolisikan

Nah, Gilber Lumoindong sendiri, dia bilang kalo dia belum tau soal laporan itu. Tapi, dia minta maaf...

waduh-saling-balas-dendam-antara-iran-dan-israel-akankah-perang-dunia-iii-segera-meletus

Waduh! Saling Balas Dendam Antara Iran dan Israel Akankah Perang Dunia III Segera Meletus?

Nah Gak cuma itu aja, juru bicara militer Israel, Laksamana Muda Daniel Hagari, juga kasih pernyataa...

jadi-pionir-asn-25-kementerian-ini-siap-angkat-koper-ke-ikn

Jadi Pionir! ASN 25 Kementerian Ini Siap Angkat Koper ke IKN

Nih, cerita langsung dari Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, yang lagi nemenin Presiden di acara to...

wfh-skip-dulu-halal-bihalal-awal-masuk-kantor-bikin-erat-kekeluargaan

WFH Skip Dulu! Halal Bihalal Awal Masuk Kantor Bikin Erat Kekeluargaan

Eh, tau nggak, ternyata Halal Bihalal ini punya cerita sendiri di Indonesia, lho. Ini tradisi asli d...

pasca-lebaran-pintu-awal-bagi-perantau

Pasca Lebaran, Pintu Awal Bagi Perantau?

Terus, yang nggak kalah seru, masalah finansial. Merantau itu nggak murah, bro. Mulai dari sewa kos,...

persiapan-arus-balik-lebaran-menghadapi-kenyataan-pulang-ke-kota-rantau

Persiapan Arus Balik Lebaran, Menghadapi Kenyataan Pulang ke Kota Rantau

Siapa sih yang nggak kenal sama macetnya arus mudik dan balik? Namun, jangan biarkan itu menghalangi...