Inovasi Kosmetik Berdasarkan Pengalaman Multisensori
Kamis, 13 Oktober 2022 21:33
Reporter : Antara
(Foto: ant)
Jakarta - Perkembangan teknologi turut membawa inovasi di dunia kecantikan di mana kini produk kecantikan dikembangkan berdasarkan pengalaman multisensori.
Perusahaan riset independen yang fokus pada
kosmetik, personal care dan wellness Skinproof meluncurkan portfolio service, consumer dan Sensory Research.
"Melalui consumer dan sensory research, Skinproof dapat membantu para pelaku
industri kosmetik untuk semakin mengenal produk dari persepsi yang bisa
dirasakan langsung oleh konsumen," kata Head of Skinproof Theresia
Sinandang dalam siaran pers pada Kamis 13 Oktober 2022.
Pemahaman konsumen pada produk kosmetik
dikembangkan melalui pendekatan multisensori kelima indera yakni perasa,
penglihatan, penciuman, peraba dan pendengar menjadi informasi berharga untuk
mengetahui pengalaman pemakaian produk dan memastikannya sudah sesuai dengan
keinginan konsumen.
Data sensori produk merupakan aspek yang penting
pada saat melakukan evaluasi dan pengambilan keputusan untuk berbagai area di
proses inovasi.
Mulai dari proses product development, cost reduction, identifikasi
keunikan produk, benchmarking dengan produk sejenis
atau kompetitior, hingga respon penerimaan konsumen dan area lain.
"Semua itu dapat menghasilkan
strategi marketing yang baik melalui komunikasi produk yang
akurat dan dapat dirasakan secara langsung oleh konsumen."
Theresia menegaskan Skinproof berkomitmen
berkontribusi dalam setiap proses inovasi produk bagi para pelaku
kosmetik, personal care & wellness.
"Skinproof juga hadir sebagai organisasi
riset independen yang menyediakan data dan melakukan evaluasi dari aspek
penerimaan konsumen, sensorial produk, manfaat dan keamanan produk
kosmetik, personal care & wellness,"
ujarnya.
Untuk mendukung layanan inovatif tersebut
Skinproof menggelar Cosmetic Sensory Workshop. Head of Consumer & Sensory
Research Tantri Riyanthi mengatakan, Cosmetic Sensory Workshop ini diinisiasi
oleh Skinproof bersama para praktisi di bidang consumer dan sensory science. (ant)