Cuma Dikasih Waktu 30 Menit di Rest Area Saat Mudik, Bagaimana Nasib Mobil Listrik?
Rabu, 27 Maret 2024 22:15
Reporter : Tim Digo.id
Ilustrasi Dilema Mudik Lebaran 2024 Menggunakan Mobil Listrik dan Nasibnya Jika Mogok/TimDigo.id
Jakarta, DigoID-Buat para pemudik yang mau pake mobil listrik, ada beberapa hal yang perlu banget dipertimbangin, nih. Gak semua jalan tol punya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan biasanya cuman ada di rest area aja. Jadi, kalo lu mau mudik pake mobil listrik, lu harus banget mikirin soal efektivitasnya.
Pake Mobil Listrik atau Mobil Konvensional?
Nah, menurut Direktur Utama PT Jasa Marga Semarang Batang, Nasrullah, yang ngomong di Semarang beberapa hari yang lalu, dia bilang kalo sebelum lu mudik, lu harus mikir dulu mau pake mobil listrik atau mobil konvensional, bro.
Soalnya, kalo mau pake mobil konvensional, ngisi bensin tuh cuman butuh beberapa menit aja, tapi yang perlu diperhatikan tuh kepadatan lalu lintas di rest area dan SPBU. Pas lagi mudik, pasti pada rame banget di situ.
Sementara buat mobil listrik, ngecasnya bisa beda-beda, bro. Kalo pake model standar di SPKLU, butuh waktu lebih dari satu jam, tapi kalo pake fast charging, bisa lebih cepet dari itu. Tapi tetep aja, jumlah titik pengecasan di SPKLU terbatas, jadi bisa aja lu harus antre berjam-jam buat ngecas mobil listrik lu.
Cuma Dikasih Waktu 30 Menit di Rest Area!
Nasrullah juga ngasih tau soal situasi di jalan tol Semarang-Batang nih. Dia bilang kalo di ruas jalan tol itu, yang panjangnya sekitar 75 kilometer, ada dua tempat istirahat yang punya SPKLU. Nah, SPKLU itu ada di KM 379A dari arah barat ke timur, dan juga di KM 389B di jalur timur ke barat.
Tapi nih, Nasrullah juga ngasih info kalo selama arus mudik dan balik lebaran 2024, ada aturan yang mewajibkan kita untuk gak lebih dari 30 menit berada di rest area. Ini bisa jadi masalah buat yang pake mobil listrik, soalnya mereka kan butuh waktu lebih lama buat ngecas di SPKLU.
"Secara umum di rest area itu kami imbau supaya tidak lebih dari 30 menit, di rest area mana pun. Jadi mungkin bisa dipertimbangkan juga apakah akan menggunakan mobil listrik ataupun mobil dengan BBM konvensional. Nanti kondisinya di rest area sendiri juga tentunya kepadatannya akan jauh lebih tinggi dibandingkan lalu lintas normal," kata Nasrullah seperti dikutip dari detik.com, Rabu, 27 Maret 2024.
"Dengan jumlah SPKLU yang terbatas dan juga kepadatan yang ada itu, sebaiknya sebelum berangkat kita mikirin lagi. Mau pake mobil listrik atau mobil biasa yang pakai bensin," tambahnya. Puncak arus mudik diperkirakan bakal terjadi tanggal 6 April 2024, sementara arus balik diperkirakan bakal ada tanggal 15 April 2024.
Gimana Kalau Mobil Listrik Mogok di Jalan Tol?
Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ngasih tau nih soal mobil listrik kalo misalnya terjebak di macet parah pas mudik Lebaran 2024.
Jadi, Tulus Abadi, anggota BPJT berharap banget sih gak ada macet parah di tahun ini, apalagi yang disebut 'macet horor'. Tapi, dia juga ngasih tau kalo pemudik yang pake mobil listrik mesti waspada, soalnya bisa aja keabisan baterai kalo misalnya ada macet yang tiba-tiba banget.
"Karena kita harus mengantisipasi traffic yang tadinya enggak macet dan tidak ada volume traffic tinggi, tiba-tiba ada. Itu (macet) menguras energi tentu saja, baik itu bahan bakar minyak (BBM) maupun listrik," kata Tulus Abadi pas lagi diskusi di Kementerian Kominfo seperti dikutip dari CNN Indonesia, Rabu, 27 Maret 2024.
Menurut dia, kalo ada mobil mogok di tol, pasti bakal ada petugas khusus yang bantuin derek mobilnya ke bengkel terdekat. Tapi kalo mobilnya listrik gimana? "Nanti kalau dia mobil listrik tentu akan dibawa ke rest area yang ada Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)," jelasnya.
Cek SPKLU Sepanjang Rute Mudik!
Tulus juga ngebet banget nih, dia bilang pemudik mesti pastiin kalo baterai mobil listriknya penuh banget pas berangkat. Terus, juga harus tau di rest area mana aja yang ada SPKLU.
Dia bilang kalo udah ada 33 tempat pengisian energi buat mobil listrik di semua rest area tol di Indonesia. Rinciannya, 23 SPKLU di Tol Trans Jawa, 4 di tol yang bukan Trans Jawa, dan 6 SPKLU lainnya di Tol Trans Sumatera.
"Sehingga nanti sudah bisa memprediksi kira-kira di rest area mana yang bisa mengisi ulang sebelum melanjutkan perjalanan," tegasnya.
Jadi, intinya, sebelum lu memutuskan mau mudik pake mobil listrik, lu harus pikirin dulu soal ketersediaan SPKLU, kepadatan di rest area, dan juga waktu yang lu butuhin buat ngecas mobil. Biar gak terjebak di tengah jalan, bro. (wd)