Catat! Beberapa Hal Penting Sebelum Berlibur ke Tempat Wisata Bersama Keluarga

Jumat, 12 April 2024 05:01

Reporter : Tim Digo.id

top-news

Ilustrasi Persiapan yang Wajib di Bawa Saat Liburan di Massa Lebaran/TimDigo.id

 

Jakarta, DigoID-Hari libur masih panjang nih, guys! Waktu yang tepat buat quality time sama keluarga, apalagi bisa jalan-jalan ke tempat impian. Gak salah sih, soalnya momen kayak gini kan langka banget buat kumpul-kumpul sama keluarga. Tapi, nggak semudah membalikkan telapak tangan, lho. Persiapan liburan butuh perencanaan yang matang, terutama karena setiap anggota keluarga punya keinginan beda-beda. Kita harus atur dengan matang biar gak kecewa pas hari H.

Apa Aja Yang Perlu Disiapin Kalau Mau Liburan?

Nah, di sini gue bakal kasih beberapa hal yang penting banget buat disiapin buat liburan Lebaran yang asik dan bebas ribet. Yuk, simak!

 

  1. Tentuin Destinasi yang Cocok untuk Semua

  • Pertama-tama, kita harus nyari destinasi liburan yang bisa bikin semua anggota keluarga seneng dan betah. Jangan sampe ada yang merasa ketinggalan atau gak suka sama tempatnya, kan jadi repot. Diskusi bareng keluarga, cobain cari destinasi yang ada apa aja serunya buat semua anggota keluarga.

  •  
  1. Rencanain Jadwal Liburan dengan Matang

  • Liburan gak akan seru kalo semua asal jalan aja tanpa perencanaan yang matang. Jadi, buat jadwal liburan yang rinci, mulai dari kapan berangkat, mau ngapain aja di destinasi, sampe kapan baliknya. Dengan rencana yang jelas, pasti liburan kita bakal lebih terstruktur dan gak bikin bingung.

  1. Siapin Budget dengan Matang

  • Gak bisa dipungkiri, liburan itu butuh budget yang gede, bro. Jadi, sebelum berangkat, pastiin kita udah siapin budget dengan matang biar gak kaget pas lagi di tengah-tengah liburan. Atur budget buat transportasi, penginapan, makanan, dan kebutuhan lainnya dengan bijak.

  1. Booking Penginapan Secara Online

  • Gak perlu repot-repot dateng langsung buat pesen kamar hotel. Sekarang udah bisa booking online lewat aplikasi travel yang super gampang dipake. Pilih tipe penginapan yang sesuai selera dan deket sama tempat wisata, biar nggak kebuang waktu di perjalanan.

  •  
  1. Pesan Moda Transportasi Secara Online

  • Selain penginapan, moda transportasi juga bisa kamu pesen secara online, mulai dari darat, laut, sampe udara. Pilih jadwal keberangkatan yang nggak terlalu padet biar liburan bareng keluarga makin nyaman.

  1. Sewa Perlengkapan Pendukung
    Buat yang suka jalan-jalan, pasti sering kepikiran soal ribetnya bawa perlengkapan pendukung, kayak stroller, alat snorkeling, kamera, atau alat kemping, kan? Nggak cuma repot, tapi juga bisa bikin bingung mau naruh di mana karena makan tempat. Nah, biar nggak pusing, sekarang udah ada solusinya, loh!

    Kamu bisa sewa perlengkapan pendukung langsung di tempat tujuan. Sebelum berangkat, cek dulu info soal jasa penyewaan perlengkapan ini secara online. Biasanya mereka punya opsi sewa harian atau mingguan, jadi kamu bisa pilih sesuai kebutuhan.

  2. Packing Aman
    Yang nggak kalah penting buat liburan keluarga yang nyaman dan anti-ribet adalah packing yang aman. Buat daftar barang bawaan biar nggak ada yang ketinggalan, dan pastiin cuma bawa barang yang bener-bener penting. Buat packing lebih aman, pake kantong khusus buat bedain barang bawaan, mulai dari baju, perlengkapan mandi, makeup, sampe barang elektronik. Dengan ini, liburan bersama keluarga di Hari Raya Idul Fitri bakal jadi makin seru dan tanpa ribet!

  3. Persiapkan Mental dan Fisik dengan Baik

  • Terakhir, yang gak kalah pentingnya adalah persiapan mental dan fisik. Liburan itu bisa capek juga, jadi pastiin kita udah siap secara fisik buat jalan-jalan seharian. Dan yang lebih penting lagi, pastiin kita udah siap secara mental buat nikmatin liburan tanpa gangguan pikiran.

Liburan ke Pantai Bisa Jadi Pilihan Terbaik, Tapi….

Nah, liburan ke pantai emang selalu jadi pilihan favorit buat seru-seruan bareng keluarga, apalagi pas liburan lebaran! Tapi, buat kita yang bawa si kecil, ada beberapa perlengkapan rekreasi yang wajib dibawa buat pastiin anak-anak betah dan aman selama di pantai.

Kalo mau liburan ke pantai bareng anak-anak, tentunya kita harus siapin segala sesuatunya dengan matang, mulai dari kendaraan sampe perlengkapan yang dibutuhin. Gak mau kan kalo pas udah sampe pantai, eh, tiba-tiba kebutuhan anak-anak gak kecukupan?

Perlengkapan Liburan ke Pantai Bareng si Kecil

Nah, biar gak kejadian gitu, yuk kita bahas bareng-bareng apa aja sih perlengkapan yang penting banget buat bawa ke pantai sama anak-anak!

  1. Tas Anti Air
    Tas ini emang lifesaver banget, guys! Kita bisa pake buat bawa segala macem barang ke pantai, dari handuk sampe mainan anak-anak. Jangan lupa, kalo bawa keluarga besar, lebih baik bawa beberapa tas biar gak rebutan tempat, ya.

  2. Baju Renang
    Gak mungkin dong ke pantai tapi gak bawa baju renang? Jadi, pastiin anak-anak udah punya baju renang yang nyaman dipake. Kalo udah gitu, mereka bisa berenang dengan aman sambil tetep terlindung dari paparan sinar matahari.

  3. Pakaian Ganti
    Ini penting banget, guys, terutama kalo anak-anak suka keringetan atau main air terus. Bawa setidaknya satu setel pakaian ganti buat tiap anggota keluarga, dan pastiin untuk masukin ke wadah anti air biar tetep kering dan bersih.

  4. Sunscreen atau Tabir Surya
    Gak boleh lupa sama yang satu ini! Pastiin bawa sunscreen atau tabir surya dengan SPF tinggi untuk melindungi kulit anak-anak dari sinar UV yang berbahaya. Kalo bisa, pilih yang khusus untuk kegiatan di air biar gak cepet luntur.

  5. Alas Duduk Anti Air
    Buat nongkrong atau istirahat sebentar di pantai, kita bisa bawa alas duduk anti air biar gak basah kuyup. Dan, siapa tau di pantai gak ada yang jual, jadi lebih baik bawa sendiri, ya!

  6. Bekal Makanan dan Minuman
    Kalo kita liburan sama anak-anak, pasti mereka bakal cepet lapar dan haus, kan? Jadi, bawa bekal makanan dan minuman dari rumah biar lebih sehat dan hemat, guys!

  7. Peralatan Mandi
    Setelah main air, pastiin anak-anak bisa mandi bersih, ya! Jadi, bawa sabun, sampo, handuk, dan peralatan mandi lainnya dalam kemasan kecil biar gak ribet.

  8. Tisu dan Tisu Basah
    Ini penting banget buat bersih-bersih, guys, terutama kalo anak-anak lagi makan atau main pasir. Selalu handy untuk dibawa kemana-mana.

  9. Topi dan Kacamata Hitam
    Agar anak-anak terlindung dari sinar matahari, pastiin mereka pake topi dan kacamata hitam ya. Gak cuma bikin penampilan makin kece, tapi juga perlindungan ekstra untuk mata dan kulit kepala.

  10. Sandal Cadangan
    Jangan sampe deh anak-anak kehilangan sandal di pantai. Biar lebih aman, bawa sandal cadangan untuk mengantisipasi hal-hal yang gak diinginkan.

  11. Peralatan Main
    Kalo anak-anak suka main pasir atau main bola, pastiin kita bawa peralatan main mereka, ya. Bikin liburan makin seru dan berkesan!

  12. Kantong Plastik
    Buat ngumpulin barang basah atau sampah, selalu handy banget bawa beberapa kantong plastik, guys. Gak ada salahnya kok selalu siap sedia.

  13. Kotak P3K
    Kita gak pernah tau kan kapan kejadian yang tak terduga bisa terjadi? Jadi, lebih baik selalu siap dengan kotak P3K yang berisi perlengkapan medis penting.

  14. Hand Sanitizer
    Kalo gak ada air bersih dan sabun, pastiin kita selalu bawa hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan, ya.

Nah, itu dia beberapa perlengkapan yang penting banget buat bawa ke tempat wisata, khususnya pantai bareng keluarga dan anak-anak. Pastiin semuanya udah disiapin dengan baik biar liburan makin seru dan tanpa kendala, guys. (wd)

Redaktur : seno

Berita Terkait


jalan-tol-mbz-yang-bergelombang-tidak-sesuai-mutu-sni-proyek-dilaporkan-ke-bpk

Jalan Tol MBZ yang Bergelombang Tidak Sesuai Mutu SNI, Proyek Dilaporkan ke BPK

Hasilnya, dari 75 sampel beton yang diperiksa, rata-rata kekuatannya di bawah standar, guys! Padahal...

setor-uang-598-juta-diimingi-jadi-polwan-malah-dijadikan-babysitter-oleh-oknum-polisi

Setor Uang 598 Juta Diimingi Jadi Polwan, Malah Dijadikan Babysitter Oleh Oknum Polisi

Jakarta, DigoID-Teti Rohayati, seorang perempuan muda yang penuh semangat dari Desa Wanakerta, Kecam...

film-vina-sebelum-7-hari-merupakan-bentuk-eksploitasi-tragedi-untuk-kebutuhan-marketing

Film Vina: Sebelum 7 Hari Merupakan Bentuk Eksploitasi Tragedi Untuk Kebutuhan Marketing?

Kontroversi film Vina: Sebelum 7 Hari yang dinilai sebagai bentuk eksploitasi tragedi untuk kebutuha...

mengintip-isi-garasi-jokowi-setelah-laporan-harta-kekayaan-naik-13-miliar

Mengintip Isi Garasi Jokowi Setelah Laporan Harta Kekayaan Naik 13 Miliar

Koleksi kendaraan di garasi rumah Presiden Jokowi setelah dilaporkan harta kekayaan naik sebanyak Rp...

setoran-juru-parkir-liar-ke-ormas-hampir-setengah-triliun-pemprov-dki-dan-dishub-ngapain

Setoran Juru Parkir Liar ke Ormas Hampir Setengah Triliun, Pemprov DKI dan Dishub Ngapain?

Setoran juru parkir liar ke ormas hampir tembus setengah triliun, langkah Pemprov DKI Jakarta dan Di...

viral-petugas-dishub-minta-martabak-berujung-penyebar-video-dipolisakan-dan-listrik-dicabut

Viral Petugas Dishub Minta Martabak Berujung Penyebar Video Dipolisakan dan Listrik Dicabut!

Pedagang martabak di Medan, Sumatera Utara, dipolisikan oleh petugas dishub yang diduga minta martab...

sandra-dewi-diperiksa-kejagung-hari-ini-apakah-perjanjian-pranikah-bisa-menyelamatkannya

Sandra Dewi Diperiksa Kejagung Hari Ini, Apakah Perjanjian Pranikah Bisa Menyelamatkannya?

Ini jadi yang kedua kalinya buat Sandra Dewi diinterogasi, loh. Yang pertama tuh tanggal 4 April 202...

kasus-pembunuhan-vina-di-cirebon-masih-belum-tuntas-salah-satu-dpo-disembunyikan-polisi

Kasus Pembunuhan Vina di Cirebon Masih Belum Tuntas, Salah Satu DPO Disembunyikan Polisi?

Daftar pelaku DPO pembunuhan Vina di Cirebon setelah delapan tahun mengendap, benarkah salah satu di...

kuyang-kisah-hantu-dengan-organ-melayang-dari-tanah-kalimantan-dengan-kesehariannya-sebagai-wanita-cantik

Kuyang: Kisah Hantu Dengan Organ Melayang Dari Tanah Kalimantan Dengan Kesehariannya Sebagai Wanita Cantik

Urban Lagend dari tanah Kalimantan, Kuyang sejatinya adalah wanita cantik di siang hari yang akan me...