Campaign.com Kenalkan Green Jobs pada Anak Muda Lewat Kampanye Daring
Rabu, 25 Januari 2023 21:00
Reporter : Dinni Kamilani
Dok campaign.com
JAKARTA – Indonesia bersama beberapa negara tetangga berkomitmen untuk mengampanyekan pekerjaan ramah lingkungan (green jobs) di ASEAN Labour Ministers Meeting (ALMM) ke-25 pada 2018.
Melansir laporan Global Green Growth Institute (GGGI), kebutuhan tenaga kerja green jobs di Indonesia diproyeksikan mencapai 4,4 juta orang pada 2030. Hal tersebut menandakan peluang green jobs terbuka luas bagi para pencari kerja
Campaign.com berkolaborasi dengan Generasi Lestari memperkenalkan green jobs kepada anak muda lewat kampanye sosial. Terdapat dua kampanye sosial untuk mendukung green jobs yang dapat diikuti di aplikasi Campaign #ForChange.
Kampanye pertama berjudul #DukungProfesiHijau yang diinisiasi oleh Gajahlah Kebersihan, sebuah komunitas asal Lampung yang bergerak di bidang pendidikan lingkungan. Gajahlah Kebersihan mengajak masyarakat untuk mengenal, memahami, serta mendukung green jobs.
Sustainability Director Gajahlah Kebersihan, Dicky Dwi Affandi, menyatakan gerakan ini merupakan sebuah bentuk edukasi pada masyarakat.
“Kami menyadari bahwa belum seluruh masyarakat teredukasi terkait karier di bidang lingkungan. Padahal, green jobs memiliki banyak manfaat, tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga orang lain dan lingkungan. Melalui kampanye ini, kami ingin memberi inspirasi bahwa pekerjaan hijau bisa menjadi pilihan karier yang berkelanjutan bagi anak muda,” ujarnya.
Gerakan yang dilaksanakan oleh para supporter akan dikonversi menjadi donasi guna mendukung kegiatan ibu-ibu pendaur ulang sampah yang ada di pesisir kota Bandar Lampung.
Kemudian ada juga Pongo Ranger Community, yakni sebuah komunitas asal Kalimantan Barat yang bergerak di bidang pemberdayaan pemuda dan pendidikan lingkungan hidup, ikut meluncurkan kampanye #JobsForNature di aplikasi Campaign #ForChange.
Lewat kampanye ini, mereka mengajak masyarakat untuk saling berbagi pengetahuan tentang green jobs dan kegiatan ramah lingkungan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Nantinya, donasi yang terkonversi dari aksi-aksi kampanye ini akan digunakan untuk mendanai kegiatan menganyam eco-polybag oleh kelompok perempuan di Desa Tanjung Baik Budi, Kalimantan Barat.
Sponsorship Manager Pongo Ranger, Erina Ariparno menyatakan kegiatan ini bertujuan menyejahterakan UMKM masyarakat sekitar.
“Ternyata, ibu-ibu yang kesehariannya mengurus rumah tangga juga bisa berkontribusi untuk lingkungan. Hasil menganyam eco-polybag ini bisa mereka jual kembali. Upaya ini yang kami dorong sebagai mata pencaharian yang ramah lingkungan dan berkelanjutan,” kata Erina.
Di sisi lain, Communications Manager Campaign.com, Laras Sabila Putri, berujar bahwa ia ingin mengajak lebih banyak anak muda untuk terlibat pada isu-isu sosial, salah satunya isu lingkungan.
“Lewat kampanye sosial ini, harapannya anak muda bisa lebih bijak dalam memilih pekerjaan. Kalau green jobs masih terdengar asing, kita perlu cari tahu lebih dalam lagi. Dari arsitek, dunia fashion, kuliner, hingga startup, bisa, loh, termasuk green jobs. Maka, kami coba suarakan dengan cara yang menyenangkan dan mudah dimengerti lewat kampanye sosial ini,” tuturnya.
Kampanye #DukungProfesiHijau dan #JobsForNature disponsori oleh Yayasan Dunia Lebih Baik dan Generasi Lestari, di mana setiap kampanye yang berhasil selesai akan dikonversi menjadi donasi Rp50.000,00.
Cara mendukung kampanye ini cukup mudah, yakni dengan men-download aplikasi Campaign #ForChange di App Store atau Google Play Store. Lalu isi identitas diri serta cari kedua kampanye tersebut.