Viral! Bocah 4 Tahun Bertunangan, Ternyata Ini Sudah Jadi Tradisi di

Sabtu, 20 April 2024 11:01

Reporter : Tim Digo.id

top-news

Ilustrasi Bocah 4 Tahun Bertunangan Dengan Cowok 5 Tahun/TimDigo.id

 

Jakarta, DigoID-Beberapa tahun lalu, pernah ada momen yang bikin heboh di jagad maya, yakni pertunangan anak-anak yang baru berusia 4 dan 5 tahun. Nah, kejadian serupa kini kembali terjadi di Madura dan viral di TikTok, gengs. Beneran gak abis pikir banget kan.

Jadi, di video yang diunggah sama akun @massaki90 pada Rabu, 17 April 2024, kita bisa liat anak perempuan yang lagi pake baju hijau lagi nyamperin semua orang di acara pertunangannya. Katanya sih, anak ini baru 4 tahun. Nah, calon tunangannya, seorang cowok yang baru berumur 5 tahun, loh! Weh weh weh..

Videonya Langsung Viral!

Video ini langsung jadi viral dan bikin warganet pada heboh. Banyak yang kaget liat anak kecil udah bertunangan. Nah, di sisi lain, kita bisa lihat juga si cewek yang bakal jadi calon tunangan lagi duduk-duduk di tangga rumah sambil ngeliatin tunangannya yang lagi sibuk salaman sama semua tamu.

Kayaknya beneran deh kayak pertunangan yang beneran, si cowok ini juga dikasih cincin sama ibunya si calon tunangan. Trus, dia juga dapet kado-kado macem orang lagi lamaran gitu.

Warganet Gak Mau Ketinggalan Kasih Komentar

Video ini bener-bener jadi viral dan bikin banyak warganet kaget dan heran. Sampe pada akhirnya pada komen-komen deh di unggahan ini.

"Mau heran tapi ini Madura," komentar seorang warganet.

"Dulu aku masih kecil liat orang dewasa nikah, sekarang udah gede liat anak-anak kecil udah mau nikah," tulis warganet lainnya.

"Maaf, tapi serius nih, kalo udah bertunangan dari kecil, terus pas udah gede suka orang lain, gimana tuh? boleh ga ya?" tanya seorang lagi yang penasaran.

"Pisah aja deh kayak temen aku, dijodohin dari kecil, cowoknya ganteng banget, ceweknya cantik banget. Tapi pas udah gede, masing-masing punya pacar sendiri, akhirnya putusin pertunangannya," cerita warganet lainnya berdasarkan pengalaman temannya.

Usut Punya Usut, Ini Udah Jadi Tradisi Loh!

Ternyata, di daerah Bangkalan, Madura, pertunangan sejak kecil udah jadi hal yang biasa nih, guys! Jadi, ada tradisi khas yang namanya Bhakalan, yang artinya pertunangan gitu.

Menurut penjelasan dari budayawan Madura, Ra Hasani Utsman, bersumber dari detikjatim, Jumat, 19 April 2024, dia jelasin, meski udah ada tradisi pertunangan sejak kecil, tapi buat nikah masih harus nunggu waktu yang pas dan siap buat nikah beneran.

Bahkan, kapan nikahnya tergantung sama keputusan dari pihak perempuan. Nah, biasanya sih, pihak perempuan bakal bales lamaran pertunangan dengan bawa daun sirih sama pinang sebagai tanda mau lama atau enggaknya rencana nikah.

"Jadi, durasi Bhakalan (tunangan) itu tergantung dari usia si perempuan. Pas upacara pertunangan, dilihat dari sirih pinang yang jadi hantaran balasan dari keluarga perempuan," jelas Ra Hasani, dilansir detikJatim.

"Kalo buah pinangnya masih muda, artinya nih si perempuan masih mau nunggu lama. Kalo buah pinangnya udah tua, berarti si perempuan pengen nikah cepet," tambah Ra Hasani.

Nah, menurut dia lagi, meskipun pertunangan udah dari kecil atau usia dini, tapi tetep harus nunggu sampai siap dan sesuai sama aturan perundangan soal nikah. Di pertunangan usia dini, orang tua biasanya punya tanggung jawab buat jaga komunikasi.

Selain itu, mereka juga harus ngasih bimbingan dan kesabaran buat anak yang lagi ditunangkan. Karena dari sisi adat, buat tau lama enggaknya pertunangan bisa dilihat dari buah pinang yang dibawa pihak perempuan.

Ada juga kasus, nih, dalam pertunangan di usia muda yang enggak bisa lanjut ke pernikahan. Ini karena ada beda prinsip antara kedua keluarga.

Jadi, kadang ada juga masyarakat yang milih langsung nikah tanpa lewat proses Bhakalan (pertunangan). Mereka lebih suka sistem lamar kabin (lamaran nikah) atau lamaran langsung nikah gitu deh. (wd)

Redaktur : seno

Berita Terkait


jalan-tol-mbz-yang-bergelombang-tidak-sesuai-mutu-sni-proyek-dilaporkan-ke-bpk

Jalan Tol MBZ yang Bergelombang Tidak Sesuai Mutu SNI, Proyek Dilaporkan ke BPK

Hasilnya, dari 75 sampel beton yang diperiksa, rata-rata kekuatannya di bawah standar, guys! Padahal...

setor-uang-598-juta-diimingi-jadi-polwan-malah-dijadikan-babysitter-oleh-oknum-polisi

Setor Uang 598 Juta Diimingi Jadi Polwan, Malah Dijadikan Babysitter Oleh Oknum Polisi

Jakarta, DigoID-Teti Rohayati, seorang perempuan muda yang penuh semangat dari Desa Wanakerta, Kecam...

film-vina-sebelum-7-hari-merupakan-bentuk-eksploitasi-tragedi-untuk-kebutuhan-marketing

Film Vina: Sebelum 7 Hari Merupakan Bentuk Eksploitasi Tragedi Untuk Kebutuhan Marketing?

Kontroversi film Vina: Sebelum 7 Hari yang dinilai sebagai bentuk eksploitasi tragedi untuk kebutuha...

mengintip-isi-garasi-jokowi-setelah-laporan-harta-kekayaan-naik-13-miliar

Mengintip Isi Garasi Jokowi Setelah Laporan Harta Kekayaan Naik 13 Miliar

Koleksi kendaraan di garasi rumah Presiden Jokowi setelah dilaporkan harta kekayaan naik sebanyak Rp...

setoran-juru-parkir-liar-ke-ormas-hampir-setengah-triliun-pemprov-dki-dan-dishub-ngapain

Setoran Juru Parkir Liar ke Ormas Hampir Setengah Triliun, Pemprov DKI dan Dishub Ngapain?

Setoran juru parkir liar ke ormas hampir tembus setengah triliun, langkah Pemprov DKI Jakarta dan Di...

viral-petugas-dishub-minta-martabak-berujung-penyebar-video-dipolisakan-dan-listrik-dicabut

Viral Petugas Dishub Minta Martabak Berujung Penyebar Video Dipolisakan dan Listrik Dicabut!

Pedagang martabak di Medan, Sumatera Utara, dipolisikan oleh petugas dishub yang diduga minta martab...

sandra-dewi-diperiksa-kejagung-hari-ini-apakah-perjanjian-pranikah-bisa-menyelamatkannya

Sandra Dewi Diperiksa Kejagung Hari Ini, Apakah Perjanjian Pranikah Bisa Menyelamatkannya?

Ini jadi yang kedua kalinya buat Sandra Dewi diinterogasi, loh. Yang pertama tuh tanggal 4 April 202...

kasus-pembunuhan-vina-di-cirebon-masih-belum-tuntas-salah-satu-dpo-disembunyikan-polisi

Kasus Pembunuhan Vina di Cirebon Masih Belum Tuntas, Salah Satu DPO Disembunyikan Polisi?

Daftar pelaku DPO pembunuhan Vina di Cirebon setelah delapan tahun mengendap, benarkah salah satu di...

kuyang-kisah-hantu-dengan-organ-melayang-dari-tanah-kalimantan-dengan-kesehariannya-sebagai-wanita-cantik

Kuyang: Kisah Hantu Dengan Organ Melayang Dari Tanah Kalimantan Dengan Kesehariannya Sebagai Wanita Cantik

Urban Lagend dari tanah Kalimantan, Kuyang sejatinya adalah wanita cantik di siang hari yang akan me...