Kuyang: Kisah Hantu Dengan Organ Melayang Dari Tanah Kalimantan Dengan Kesehariannya Sebagai Wanita Cantik

Selasa, 14 Mei 2024 21:50

Reporter : Ekadyana N. Fauzi

top-news

Ilustrasi sosok kuyang sejatinya wanita cantik/Digo.id

Jakarta, DigoID-Gue cerita lagi nih tentang Kuyang, bro. Jadi, Kuyang ini bukan cuma sekadar mitos biasa, tapi sering jadi obrolan seru di kalangan anak muda. Bahkan, ada yang percaya banget sama keberadaannya, lho.

 

Kuyang dan Ilmu Hitam

 

Ceritanya, Kuyang tuh nggak cuma sebatas hantu biasa. Dia tuh konon bisa bermetamorfosis dari sosok wanita biasa jadi sesuatu yang bikin bulu kuduk merinding. Gue denger-denger sih, Kuyang ini kadang juga disamain dengan sosok Pontianak, tapi ada bedanya, katanya. Kuyang lebih fokus ke adegan lepas kepala dan terbang-tenggelam gitu, sementara Pontianak lebih ke arah vampir wanita yang serem.

 

Di Pulau Kalimantan, khususnya, cerita tentang Kuyang itu bener-bener bikin bulu kuduk merinding, apalagi kalo didengerin pas malem-malem. Ada yang bilang, kalo kamu denger suara terbang-terbang di udara diiringi sama lampu merah terbang, itu tandanya Kuyang lagi lewat, guys.

 

Jadi, siang hari, Kuyang ini bisa aja keliatan kayak orang biasa. Tapi begitu matahari terbenam, dia bakal keluar dan main keliling cuma pake kepala doang. Konon katanya, dia punya dua gigi yang mencolok di sisi mulutnya, jadi tambah serem deh.

 

Yang bikin makin serem, Kuyang ini suka banget cari mangsa, terutama cewek-cewek yang lagi hamil besar. Dia bakal dateng sambil ngusap-ngusap perut mereka, dan itu dikait-kaitin sama keinginan dia buat dapet darah segar.

 

Nggak cuma itu aja, bro. Konon katanya, Kuyang ini punya hubungan sama ilmu hitam dan kekuatan gaib, jadi nggak sembarang orang bisa ngadepin dia. Makanya, banyak yang percaya kalo kamu harus punya perlindungan khusus kalo mau ngehadepin Kuyang.

 

Tapi ya, meskipun cerita tentang Kuyang ini udah tersebar di banyak daerah di Indonesia, nggak semua orang percaya sama keberadaannya. Ada yang bilang itu cuma cerita belaka, tapi ya nggak ada yang tau pasti, kan? Yang jelas, cerita tentang Kuyang ini bikin suasana malem makin seru aja buat dibahas bareng temen-temen sambil duduk-duduk santai.

 

Mitos Kuyang

 

Bro, cerita tentang Kuyang emang nggak pernah kehabisan bahan obrolan, ya. Banyak yang percaya kalo Kuyang tuh bisa nyedot darah manusia, terutama darah bayi yang baru lahir. Jadi, bayangin aja, malam hari jadi makin serem, kan?

 

Mitos ini bener-bener bikin ketakutan dan kecurigaan di masyarakat, bro, khususnya pas malem hari. Sampe-sampe, ada beberapa ritual dan amalan turun temurun yang berkembang buat melindungi diri dari Kuyang. Gue denger-denger sih, ada yang pake bawang putih, ada yang pake bacaan doa, pokoknya macem-macem deh.

 

Nilai Budaya Dalam Cerita Rakyat

 

Tapi, jujur aja, masih banyak yang bingung, bro. Apakah Kuyang tuh beneran makhluk nyata, atau cuma mitos aja yang dijadiin cerita serem doang? Ada yang bilang, cerita tentang Kuyang itu cuma cara buat ngasih tau nilai-nilai moral dan buat ngasih peringatan buat masyarakat. Jadi, intinya, gitu deh.

 

Tapi, yang pasti, mitos Kuyang ini bener-bener jadi bagian dari kekayaan budaya Indonesia yang harus kita jaga dan lestarikan. Kita harus lebih dalam lagi ngeliat cerita tentang Kuyang buat ngerti lebih baik tentang warisan budaya kita dan kepercayaan yang berkembang di masyarakat.

 

Meskipun banyak yang ngerasa serem sama cerita Kuyang, tapi sebenernya mitos ini juga nunjukin gimana masyarakat Indonesia ngasih tau nilai-nilai lewat tradisi lisan, bro. Makanya, seiring waktu berjalan, kita makin penting buat merawat dan menghormati mitos-mitos kaya Kuyang ini sebagai bagian dari identitas budaya kita, bro.

Redaktur : seno

Berita Terkait


gagal-konser-berujung-panggung-dibakar-ketua-panitia-tng-lenfest-2024-diburu

Gagal Konser Berujung Panggung Dibakar, Ketua Panitia TNG Lenfest 2024 Diburu

Polisi lagi gencar memburu ketua panitia Tangerang Lentera Festival (TNG Lenfest) 2024 yang diduga n...

kai-buka-lowongan-kerja-dimulai-dari-lulusan-sma-cek-persyaratannya-sekarang

KAI Buka Lowongan Kerja Dimulai Dari Lulusan SMA, Cek Persyaratannya Sekarang!

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI lagi buka lowongan kerja eksternal nih buat lulusan SMA/s...

udara-jakarta-tetap-tak-sehat-meski-saat-hari-libur-penyebabnya-apa

Udara Jakarta Tetap Tak Sehat Meski Saat Hari Libur, Penyebabnya Apa?

Belakangan ini kualitas udara di Jakarta lagi jelek banget, terutama selama libur Idul Adha

debatin-aja-x-meet-the-politician-live-ngobrolin-ruu-penyiaran-bareng-komedian-bikin-lo-nggak-culun

Debatin Aja! x Meet The Politician Live! Ngobrolin RUU Penyiaran Bareng Komedian, Bikin Lo Nggak Culun?

Acara ini gak cuma diskusi biasa, tapi juga unik dan segar. Dengan tema “Ngobrolin Politik Bar-bar a...

workout-berujung-hilang-nyawa-berikut-sederet-fakta-wanita-jatuh-dari-lantai-3

Workout Berujung Hilang Nyawa, Berikut Sederet Fakta Wanita Jatuh Dari Lantai 3

Kisah tragis wanita inisial FN berusia 22 tahun di Pontianak yang terjun dari lantai 3

citarum-kembali-penuh-sampah-setelah-3-hari-dibersihkan-pandawara-pemerintah-ngapain

Citarum Kembali Penuh Sampah Setelah 3 Hari Dibersihkan Pandawara, Pemerintah Ngapain?

Sungai Citarum sudah bersihin oleh Pandawara Group tapi baru tiga hari dibersihin, sampahnya udah ba...

ep-yang-bisa-bikin-kawula-muda-terjebak-imajinasi-berbeda-dari-karya-stereowall-sebelumnya

EP Yang Bisa Bikin Kawula Muda “Terjebak Imajinasi”, Berbeda Dari Karya Stereowall Sebelumnya?

Stereowall, band alternative rock yang sudah ngebuktiin eksistensinya sejak 2012, baru aja ngeluarin...

lamunan-di-kota-itu-lagu-akustik-yang-enak-didengar-di-telinga-manusia-terindukan

“Lamunan di Kota Itu”, Lagu Akustik Yang Enak Didengar di Telinga Manusia Terindukan

Difki Khalif, singer-songwriter asal Jakarta baru aja ngerilis single terbarunya yang berjudul “Lamu...

italia-obral-rumah-seharga-rp50-ribuan-tertarik-untuk-pindah-negara

Italia Obral Rumah Seharga Rp50 Ribuan, Tertarik Untuk Pindah Negara?

Upaya pemerintah Italia untuk menghidupkan kota-kota kecilnya dengan menjual rumah dengan harga mula...