Disparekraf DKI promosi wisata di JTF 2022 Balikpapan
Jumat, 07 Oktober 2022 11:18
Reporter : Antara
(Foto: ant)
Jakarta - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta memperkuat promosi wisata Ibu Kota melalui gelaran Jakarta Travel Fair (JTF) 2022 di Balikpapan, Kalimantan Timur, mulai Jumat 7 Oktober 2022 hingga Minggu 9 Oktober 2022.
Mengusung tema “#Jakcation, Feel The Urban
Vibe”, JTF kali ini mengambil lokasi di E-Walk Balikpapan Mall. Sebelumnya, Disparekraf
telah melaksanakan JTF di dua kota lain yaitu Medan, Sumatera Utara; dan
Makassar, Sulawesi Selatan.
Kepala Bidang Industri Pariwisata Disparekraf
DKI Jakarta Dedi Sumardi mengatakan daya tarik Ibu Kota Jakarta dengan banyak
sekali lokasi wisata ikonik memiliki peminat wisata domestik yang tinggi,
terlebih dengan perombakan konsep yang semakin inklusif.
"Revitalisasi yang sudah berlangsung di
beberapa titik seperti Kota Tua, Taman Ismail Marzuki, makin membuat wisatawan
nyaman dengan sarana prasarana yang ramah lingkungan. Begitu pula dengan Taman
Mini Indonesia Indah yang makin kinclong dan siap menjadi destinasi wisata dan
edukasi warga," kata Dedi melalui siaran pers yang diterima di Jakarta,
Jumat 7 Oktober 2022.
Menurut Disparekraf, JTF 2022 menawarkan beragam
paket wisata terjangkau dan memberikan kemudahan masyarakat Balikpapan untuk
berkunjung ke Ibu Kota.
JTF 2022 bekerja sama dengan para pegiat usaha
pariwisata dan ekonomi kreatif ibukota seperti biro perjalanan wisata (tour operator dan travel agent); hotel; meeting incentive convention and exhibition (MICE);
serta obyek wisata seperti atraksi wisata, mall, dan venue.
“Selain lokasi dan atraksi, Jakarta sebagai kota
global juga memiliki potensi wisata MICE yang jadi referensi. Opsinya semakin
banyak, mulai dari ratusan hotel berfasilitas lengkap, hingga Jakarta
Internasional Stadium (JIS) yang mampu menampung total kapasitas hingga 82.000
orang, Kepulauan Seribu pun bisa jadi pilihan berlangsungnya MICE," kata
Dedi.
Tak hanya paket wisata, melalui JTF 2022
masyarakat Balikpapan akan disuguhi beragam kesenian Jakarta, momen bersama
komunitas lokal Balikpapan, games, kuis
berhadiah merchandise khas Jakarta,
program bincang-bincang hingga penampilan dari Saykoji dan Disko Pantera.
Sebagai informasi, menurut data Kemenparekraf,
destinasi wisata domestik masih menjadi primadona bagi warga untuk berlibur dan
menghabiskan waktu bersama keluarga.
Mobile Positioning Data (MDP) menunjukkan
wisatawan domestik mengalami jumlah pertumbuhan yang meningkat sejak 2019.
Tercatat jumlah peminat wisata oleh wisatawan domestik mencapai 525 juta
pergerakan pada 2021 dan diproyeksikan sepanjang tahun 2022 akan meningkat
hingga 550 juta pergerakan.
Menurut Disparekaf DKI Jakarta, angka tersebut
menjanjikan kesempatan besar bagi Ibu Kota dalam menangkap peluang wisatawan
domestik mengunjungi Jakarta yang telah siap dengan pilihan wisata urban
perkotaan dengan fasilitas lengkap yang terdigitalisasi. (ant)