MotoGP 2027: Mesin 850 cc, Diskusi Antarpabrikan Makin Seru!
Jumat, 02 Februari 2024 23:22
Reporter : Ekadyana N. Fauzi
Ilustrasi MotoGP Mesin 850 cc/TimDigo.id
Jakarta, DigoID-Guys, ada kabar baru soal MotoGp nih! Katanya, mulai tahun 2027, MotoGP bakal ngasih opsi buat pake mesin yang lebih kecil, jantungnya jadi 850 cc gitu. Jadi, ceritanya, selama ini mereka pake mesin 1.000 cc, kan? Nah, ini jadi bikin diskusi antar pabrikan makin seru, bro.
Alasan penggunaan mesin lebih kecil
Kabar menarik lainnya dari Direktur Motor Sport KTM, Pit Beirer, bilang kalo KTM, yang asalnya nolak ide pengurangan mesin itu, sekarang udah nggak menolak lagi, guys!
“Kami menyetujui pengurangan menjadi 850cc. Kami pikir ini adalah pengurangan yang relatif masuk akal," kata Beirer dilansir dari Crashnet, Jumat, 2 Februari 2024.
“Karena kalau 150cc dihilangkan, torsi dan tenaganya dikeluarkan dari kelas ini. Anda bisa mengembangkan regulasi MotoGP yang sangat keren dengan 850cc. Sekarang ada mayoritas yang stabil untuk 850cc,” katanya. Kayaknya nih, mereka emang lagi serius ngelirik opsi itu.
Denger-denger sih alasan di balik opsi ini tuh buat ngebatasin performa dan top speed motor yang makin gila. Gue denger-denger juga, motor pembalap MotoGP udah bisa tembus 360 Kpj, bro! Kacau nih, udah kayak jet aja.
Walaupun awalnya sih, KTM dukung Aprilia banget, deh. Mereka bilang, bikin mesin baru berkapasitas lebih kecil artinya semua pabrikan harus mulai riset dari awal lagi. Itu artinya, biaya pengembangan pasti nggak main-main, bro. Makanya, mereka pada agak skeptis sama ide itu.
Terus, sebelumnya KTM tuh juga punya pemikirannya sendiri soal cara mengatasi masalah performa mesin tanpa harus pake mesin yang lebih kecil. Mereka yakin, ada cara yang lebih simpel dan murah dengan cara mengubah lubang silinder maksimum pada mesin 1.000cc yang udah ada sekarang, dari 81mm.
Tapi, kayaknya sekarang KTM mulai mengubah pikiran mereka, dan Pit Beirer udah bilang mereka udah nggak nolak lagi.
Sejarah MotoGP
Nah, emang sejarah MotoGP dan evolusi mesinnya tuh bener-bener seru abis, deh. Jadi, awalnya kan MotoGP itu menggantikan era GP500 yang legendaris dengan mesin 500 cc 2-taknya pada tahun 2022. Terus, setelah itu, mesin MotoGP ngalamin perubahan terus-menerus, gila!
Jadi, dari tahun 2002 sampe 2006, mereka pake mesin maksimal 990 cc. Terus, dari 2006 sampe 2011, mereka turunin lagi kapasitas mesinnya jadi 800 cc. Nah, terus, mulai tahun 2012 sampe sekarang, MotoGP pake mesin 1.000 cc.
Yang bikin seru tuh pas era mesin 800 cc, bro! Mesinnya kecil tapi tenaganya gahar banget, karena pabrikan pada ngotot buat dapetin lagi tenaga yang hilang dari penurunan kapasitas mesin. Jadi, mereka sampe nyiapin mesin-mesin yang bener-bener bisa ngebut banget, walaupun kapasitasnya kecil. Kurva tenaganya itu loh, kayak roller coaster, naik turunnya kerasa banget!
Gila ya, gimana evolusi mesin MotoGP bisa jadiin balapan makin seru aja. Ini bukti kalo industri otomotif tuh selalu bergerak maju terus, bro!
Keren juga ya, bisa liat bagaimana perkembangan teknologi di MotoGP bakal jadi apa nantinya. Ayo, kita nungguin aja gimana perkembangannya.